RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/2
Petemuan ke : I
Alokasi waktu : 2x45 Menit
Standar kompetensi : Memahami ayat al-Qur'an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan
Hidup
Kompetesi Dasar : Membaca QS,
Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
Indikator Pencapaian :
1. Mampu membaca QS, Al-Rum: 41-42, QS,
Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
2. Mampu
mengidentifikasi Tajwid QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad:
27 dengan benar
3. Mampu menbuat contoh kata sesuai dengan hukum
tajwid
I. Tujuan
pembelajaran : 1.
Membaca dengan fasih QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.As
Shad: 27
2.
Mengidentifiasi Tajwid QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.
As-Shad: 27
II. Materi Pembelajaran : QS, Al-Rum: 41-42,
QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
III. Metode Pembelajaran : *. Ceramah
*. Tanya jawab
*.
Pemberian tugas (fortofolio)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Guru
mengadakan appersepsi
2. Guru
memnyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru melafalkan QS, Al-Rum: 41-42,
QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27 dengan baik dan benar sesui dengan
kaidah-kaidah tajwid sebagai sebuah contoh bagi siswa
2.
Guru menyegarkan ingatan siswa akan
bacaan-bacaan tajwid yang terdapat dalam QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58
dan QS. As-Shad: 27 yaitu: mengenai bacaan Idgham, ikhfa', Iqlab, Ikhfa'
sayafawi, Idgham mimi, Mad Tabi'ii, Alif lam qomariyah, qolqolah sughra, lam
jalalah tafkhim, mad wajib muttashil,
dan mad aridl lissukun
3.
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menayakan bacaan tajwid yang belum difahami.
4.
siswa melafalkan QS, Al-Rum: 41-42,
QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27 dengan baik dan benar sesuai dengan
kaidah-kaidah tajwid
d. Kegiatan
Akhir
1.
Guru memberikan tugas individual
kepada siswa berupa mengidentifikasi mengenai bacaan Idgham, ikhfa', Iqlab,
Ikhfa' sayafawi, Idgham mimi, Mad Tabi'ii, Alif lam qomariyah, qolqolah sughra,
lam jalalah tafkhim, mad wajib muttashil,
dan mad aridl lissukun QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.
As-Shad: 27
2.
Siswa mengumpulkan tugas fortofolio.
3.
Guru mengahiri dengan salam
E.
Alat/Bahan/ Sumber Belajar
@. Al-Qur'an dan terjemahnya
@.
Buku PAI Kelas XI
@.
Buku-buku yang relevan
V. PENILAIAN
1.
Bacalah QS, Al-Rum: 41-42, QS,
Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27 dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah
tajwid
2.
Tulislah contoh-contoh bacaan Idgham, ikhfa', Iqlab, Ikhfa'
sayafawi, Idgham mimi, Mad Tabi'ii, Alif lam qomariyah, qolqolah sughra, lam
jalalah tafkhim, mad wajib muttashil,
dan mad aridl lissukun
Kolom
NO
|
BACAAN
|
CONTOH
|
SEBAB
|
Yang terdapat dalam
|
|
Surat
|
Ayat
|
||||
1
|
Idgham Bighunnah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Ikhfa'
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
||
4
|
|
|
|
||
5
|
|
|
|
||
3
|
Iqlab
|
1
|
|
|
|
4
|
Ikhfa' Syafawi
|
1
|
|
|
|
5
|
Idgham Mimi
|
1
|
|
|
|
6
|
Alif lam Qomariyah
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
||
4
|
|
|
|
||
7
|
Qalqolah Sughra
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
||
8
|
Lam Jalalah Tafkhim
|
1
|
|
|
|
9
|
Mad Thabi'i
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
||
10
|
Mad wajib Muttashil
|
1
|
|
|
|
11
|
Mad Aridl Lissukun
|
1
|
|
|
|
∑ Perolehan

∑ Maksimum
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/2
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2x45 Menit
Standar kompetensi : Memahami ayat al-Qur'an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan
Hidup
Kompetesi Dasar : Menjelaskan arti
dan kandungan QS, Al-Rum: 41-42, QS,
Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
Indikator Pencapaian :
1. Mampu mengartikan setiap kata yag
terdapat dalam QS, Al-Rum: 41-42, QS,
Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
2.
Mampu mengartikan ayat QS,
Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
3.
Mampu menterjemahkan QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.
As-Shad: 27
4.
Mampu menyimpulkan intisari/kandungan QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf:
56-58 dan QS. As-Shad: 27
I. Tujuan
pembelajaran : 1 mengartikan setiap kata yag terdapat dalam QS,
Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.As Shad: 27
2.
mengartikan ayat QS, Al-Rum:
41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
3.
Mendiskusikan terjemah QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.
As-Shad: 27 dan menyimpulkan kandungannya
II. Materi Pembelajaran : QS, Al-Rum: 41-42,
QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
III. Metode Pembelajaran : *.
Tanya jawab
*. Kuis
*.
Diskusi kelompok
*.
Pemberian tugas (fortofolio)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Guru
mengadakan appersepsi
2. Guru
memnyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk memahami arti kata-kata atau mufrodat dan sekaligus memberikan
kesempatan untuk bertanya tantang mufrodat
2.
Guru membagi kelompok siskusi dalam
kelas
3.
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan
kuis kepada setiap kelompok dengan aturan-aturan tertentu.
4.
Setiap kelompok menjawab pertanyaan
guru dengan aturan tertentu pula.
5.
Guru memberikan skor kepada setiap
kelompok sesuai dengan ketepatan jawaban.
6.
Guru menutup kegiatan kuis.
7.
Guru meminta setiap kelompok untuk
mendiskusikan arti dan terjemahan serta kandungan QS, Al-Rum: 41-42, QS,
Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
d. Kegiatan Akhir
1. Siswa
(setiap kelompok) melaporkan hasil diskusi
2.
Guru memberikan penekanan dan
kesimpulan hasil diskusi
3.
Siswa (setiap kelompok) menyetorkan
hasil diskusi
4.
Guru mengahiri tatap muka dengan
salam
E. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
@.
Al-Qur'an dan terjemahnya
@.
Buku PAI Kelas XI
@.
Buku-buku yang relevan
V. PENILAIAN
1.
Blanko scoring kuis
Pertanyaan
|
Kelompok Ibnu Sina
|
Kelompok Ibnu Bajjah
|
Kelompok Al-Kindi
|
Dst
|
||||||
NP
|
NT
|
NK
|
NP
|
NT
|
NK
|
NP
|
NT
|
NK
|
||
I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Grand
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Np =
Nilai Pokok (nilai hasil jawaban soal paket
Nt = Nilai tambah (nilai hasil jawaban atas
kelompok lain yang tidak terjawab)
NK = Nilai kurang
(pengurangan skor apabila melanggar aturan yang ditetapkan)
|
2.
Evaluasi Proses
No
|
Kelompok
dan nama peserta
|
Kerja
sama
|
Minat
|
Respon
|
Logika
pemikiran
|
Tehnis
Pelaporan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Sangat baik
b.
Baik
c. Cukup
Baik
d. Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Evaluasi Hasil
a. Isilah makna
Mufrodat dibawah ini
No
|
Kalimat
|
Makna
|
No
|
Kalimat
|
Makna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/2
Petemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2x45 Menit
Standar kompetensi : Memahami ayat al-Qur'an tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan
Hidup
Kompetesi Dasar : Membiasakan
prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sesuai dengan QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan
QS. As-Shad: 27
Indikator Pencapaian :
1. Mampu mengidentifikasi prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sesuai
dengan QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf:
56-58 dan QS. As-Shad: 27
2. Mampu memperaktekkan prilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti
yang terkandung dalam QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad:
27
3.
Mampu menunjukkan prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti
yang terkandung dalam QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad:
27
I. Tujuan
pembelajaran : 1 Mengidentifikasi prilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS.As Shad: 27
2. Mempraktikkan
prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan
QS. As-Shad: 27
3. Menunjukkan prilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup eperti yangterkandung QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58
dan QS. As-Shad: 27
II. Materi Pembelajaran : QS, Al-Rum: 41-42,
QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
III. Metode Pembelajaran : *.
Tanya jawab
*. Diskusi kelompok
*.
Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Guru
mengadakan appersepsi
2. Guru
memnyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya tentang prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup
seperti yang terkandung QS, Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad:
27
2.
Guru membagi kelompok diskusi dalam
kelas
3.
Setiap mendiskusikan prilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti yang terkandung QS, Al-Rum: 41-42, QS,
Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
4.
Setiap kelompok menjawab pertanyaan
guru dengan aturan tertentu pula.
5.
Guru meminta setiap siswa untuk
mempraktikkan prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekolah
d. Kegiatan Akhir
1. Siswa
(setiap kelompok) melaporkan hasil diskusi
2.
Guru memberikan penekanan dan
kesimpulan hasil diskusi
3.
Siswa (setiap kelompok) menyetorkan
hasil diskusi
4.
Guru mengahiri tatap muka dengan
salam
E. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
@.
Al-Qur'an dan terjemahnya
@.
Buku PAI Kelas XI
@.
Buku-buku yang relevan
V. PENILAIAN
1.
Blanko Pengidentifikasian prilaku
menjaga kelesatarian lingkungan hidup
Contoh-contoh prilaku menjaga
kelesatarian lingkungan hidup
NO
|
LINGKUNGAN
|
CONTOH PRILAKU
|
NILAI
|
CATATAN GURU
|
1
|
Rumah
|
1
|
|
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
2
|
Sekolah
|
1
|
|
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
3
|
Masyarakat
|
1
|
|
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
2.
Penilaian Praktik
Nama :…………………………………….
KELOMPOK :…………………………………….
HARI/TANGGAL : ………………………………………..
POKOK BAHASAN : Prilaku menjaga kelesatarian lingkungan
hidup
sesuai
dengan QS,
Al-Rum: 41-42, QS, Al-A'raf: 56-58 dan QS. As-Shad: 27
NO
|
URAIAN PENILAIAN
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
1
|
Kemampuan siswa
bersikap peduli terhadap mahluk hidup atau lingkungan
|
|
|
2
|
Kemampuan siswa
bekerjasama dan suka terhadap kebersihan
|
|
|
3
|
Kemampuan siswa
melakukan kegiatan kebersihan
|
|
|
4
|
Kemampuan siswa
melakukan perawatan atau memelihra tanaman (kebun) yang ada di sekolah
|
|
|
5
|
Dst……….
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/2
Petemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2x45 Menit
Standar kompetensi : Memahami ayat al-Qur'an tentang kompetisi
dalam kebaikan
Kompetesi Dasar : Membaca QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir:
32
Indikator Pencapaian :
1. Mampu membaca QS, Al-Baqarah : 148
dan Qs Fathir: 32 dengan baik
danbenar
2. Mampu
mengidentifikasi tajwid QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir:
3. Mampu membuat contoh kata dengan hukum tajwid
I. Tujuan
pembelajaran : 1 Membaca dengan fasih QS, Al-Baqarah : 148 dan
Qs Fathir: 32
2. Mengidentifikasi tajwid QS, Al-Baqarah : 148
dan Qs Fathir: 32
II. Materi Pembelajaran : QS, Al-Baqarah : 148
dan Qs Fathir: 32
III. Metode Pembelajaran : *.
Ceramah
*.
Tanya Jawab
*.
Pemberian tugas (portofolio)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Guru
mengadakan appersepsi
2. Guru
memnyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru melafalkan QS, Al-Baqarah : 148
dan Qs Fathir: 32 dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid
sebagai sebuah contoh bagi siswa
2.
Guru menyegarkan ingatan siswa akan
bacaan-bacaan tajwid yang terdapat dalam QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir:
32, yaitu mengenai bacaan ikhfa' idzhar, idgham, ikhfa' iqlab, Idzhar syafawi,
idgham Mimi, Mad Thabi'I alif lam qomariyah, qalqalah sughra, lam jalalah
tarqiq, Mad arid Lissukun dan Mad Layyin.
3.
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menanyakan bacaan tajwid yang belum difahami
4.
Siswa melafalkan QS, Al-Baqarah : 148
dan Qs Fathir: 32 dengan baik dan benar sesuia dengan kaidah-kaidah tajwid
d. Kegiatan Akhir
1.
Guru memberikan tugas individual
kepada siswa berupa pengidentifikasian bacaan ikhfa' idzhar, idgham, ikhfa'
iqlab, Idzhar syafawi, idgham Mimi, Mad Thabi'I alif lam qomariyah, qalqalah
sughra, lam jalalah tarqiq, Mad arid Lissukun dan Mad Layyin didalam QS,
Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
2.
Siswa mengumpulkan tugas portufolio
3.
Guru mengahiri dengan salam
E. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
@.
Al-Qur'an dan terjemahnya
@.
Buku PAI Kelas XI
@.
Buku-buku yang relevan
V. PENILAIAN
1.
Bacalah QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs
Fathir: 32 dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid
2.
Tulislah contoh-contoh ikhfa' idzhar,
idgham, ikhfa' iqlab, Idzhar syafawi, idgham Mimi, Mad Thabi'I alif lam
qomariyah, qalqalah sughra, lam jalalah tarqiq, Mad arid Lissukun dan Mad
Layyin pada table di bawah ini
NO
|
BACAAN
|
CONTOH
|
SEBAB
|
TERDAPAT DALAM
|
|
SURAT
|
AYAT
|
||||
1
|
Idzhar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
2
|
Idgham bighunnah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
Idgham Bilaghunnah
|
|
|
|
|
|
3
|
Ikhfa'
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4
|
Iqlab
|
|
|
|
|
5
|
Idzhar Syafawi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6
|
Idgham mimi
|
|
|
|
|
7
|
Mad Thabi'i
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8
|
Alif la Qomariyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9
|
Qal-qalah sughra
|
|
|
|
|
10
|
Lam Jalalah Tarqiq
|
|
|
|
|
11
|
Mad aridh Lissukun
|
|
|
|
|
12
|
Mad Layyin
|
|
|
|
|
∑ Perolehan

∑ Maksimum
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/2
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2x45 Menit
Standar kompetensi : Memahami ayat al-Qur'an tentang
Kompetisi dalam perbaikan
Kompetesi Dasar : Menjelaskan arti
dan kandungan QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
Indikator Pencapaian :
1. Mampu mengartikan setiap kata yag
terdapat dalam QS, Al-Baqarah : 148 dan
Qs Fathir: 32
2.
Mampu mengartikan ayat QS,
Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
3.
Mampu menterjemahkan QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
4. Mampu menyimpulkan intisari/kandungan QS,
Al-Baqarah : 148 dan QsFathir: 32
I. Tujuan
pembelajaran : 1 Mengartikan setiap kata yag terdapat dalam QS,
Al-Baqarah : 148 dan QsFathir: 32
2.
Mengartikan ayat QS, Al-Baqarah :
148 dan Qs Fathir: 32
3. Mendiskusikan terjemah QS, Al-Baqarah:
148 dan Qs Fathir: 32 dan menyimpulkan kandungannya
II. Materi Pembelajaran : QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
III. Metode Pembelajaran : *.
Tanya jawab
*. Kuis
*.
Diskusi kelompok
*.
Pemberian tugas (fortofolio)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Guru
mengadakan appersepsi
2. Guru
memnyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk memahami arti kata-kata atau mufrodat dan sekaligus memberikan
kesempatan untuk bertanya tantang mufrodat
2.
Guru membagi kelompok diskusi dalam
kelas
3.
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan
kuis kepada setiap kelompok dengan aturan-aturan tertentu.
4.
Setiap kelompok menjawab pertanyaan
guru dengan aturan tertentu pula.
5.
Guru memberikan skor kepada setiap
kelompok sesuai dengan ketepatan jawaban.
6.
Guru menutup kegiatan kuis.
7.
Guru meminta setiap kelompok untuk
mendiskusikan arti dan terjemahan serta kandungan QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs
Fathir: 32
c. Kegiatan Akhir
5. Siswa
(setiap kelompok) melaporkan hasil diskusi
6.
Guru memberikan penekanan dan
kesimpulan hasil diskusi
7.
Siswa (setiap kelompok) menyetorkan
hasil diskusi
8.
Guru mengahiri tatap muka dengan
salam
E. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
@.
Al-Qur'an dan terjemahnya
@.
Buku PAI Kelas XI
@.
Buku-buku yang relevan
V. PENILAIAN
2.
Blanko scoring kuis
Pertanyaan
|
Kelompok Ibnu Sina
|
Kelompok Ibnu Bajjah
|
Kelompok Al-Kindi
|
Dst
|
||||||
NP
|
NT
|
NK
|
NP
|
NT
|
NK
|
NP
|
NT
|
NK
|
||
I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Grand
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Np =
Nilai Pokok (nilai hasil jawaban soal paket
Nt =
Nilai tambah (nilai hasil jawaban atas kelompok lain yang tidak
terjawab)
NK = Nilai kurang
(pengurangan skor apabila melanggar aturan yang ditetapkan)
|
2.
Evaluasi Proses
No
|
Kelompok
dan nama peserta
|
Kerja
sama
|
Minat
|
Respon
|
Logika
pemikiran
|
Tehnis
Pelaporan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Sangat baik
b.
Baik
c. Cukup
Baik
d. Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Evaluasi Hasil
a. Isilah makna
Mufrodat dibawah ini
No
|
Kalimat
|
Makna
|
No
|
Kalimat
|
Makna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Terangkan kandungan dari QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/2
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2x45 Menit
Standar kompetensi :
Memahami ayat al-Qur'an tentang Kompetisi dalam perbaikan
Kompetesi Dasar : Menampilkan
prilaku kompetis idalam kebaikan sesuai dengan QS, Al-Baqarah: 148 dan Qs
Fathir: 32
Indikator Pencapaian :
1. Mampu mengidentifikasi prilaku kompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS QS, Al-Baqarah: 148 dan Qs Fathir: 32
2. Mampu memperaktekkan prilaku kompetisi dalam
kebaikan seperti yang terkandung dalam QS QS, Al-Baqarah: 148 dan Qs Fathir: 32
3. Mampu menunjukkan prilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS QS, Al-Baqarah: 148 dan Qs
Fathir: 32
I. Tujuan
pembelajaran : 1 Menidentifikasi prilaku berkompetisi dalam
kebaikan sesuai dengan QS, Al- Baqarah
: 148 dan QsFathir: 32
2. Mempraktikkan prilaku berkompetisi dalam
kebaikan seperti yang terkandung dalam QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
3. Menunjukkan kompetisi dalam kebaikan eperti
yang terkandung dalam QS, Al-Baqarah: 148 dan Qs Fathir: 32
II. Materi Pembelajaran : QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
III. Metode Pembelajaran : *.
Tanya jawab
*. Diskusi Kelompok
*.
Pemberian tugas (fortofolio)
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Guru
mengadakan appersepsi
2. Guru
memnyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk untuk bertanya prilaku dalam berkompetisi dalam kebaikan seperti
yang terkandung dalam QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir: 32
2.
Guru membagi kelompok diskusi dalam
kelas
3.
Setiap mendiskusikan prilaku dalam
berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam QS, Al-Baqarah : 148
dan Qs Fathir: 32 .
4.
Guru meminta setiap siswa untuk
mempraktikkan prilaku berkompetisi dalam kebaikan dalam ranah sosial.
c.
Kegiatan Akhir
1. Siswa
(setiap kelompok) melaporkan hasil diskusi
2.
Guru memberikan penekanan dan
kesimpulan hasil diskusi
3.
Siswa (setiap kelompok) menyetorkan
hasil diskusi
E. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
@.
Al-Qur'an dan terjemahnya
@.
Buku PAI Kelas XI
@.
Buku-buku yang relevan
V. PENILAIAN
1.
Blanko pengidentifikasian
berkompetisi dalam kebaikan
Contoh-contoh
prilaku berkompetisi dalam kebaikan hasil diskusi kelompok
NO
|
LINGKUNGAN
|
CONTOH PRILAKU
|
NILAI
|
CATATAN GURU
|
1
|
Ibadah
|
1
|
|
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
2
|
Sosial
|
1
|
|
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
3
|
EKonomi
|
1
|
|
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
2.
Penilaian Praktik
Nama :…………………………………….
KELOMPOK :…………………………………….
HARI/TANGGAL : ………………………………………..
POKOK
BAHASAN : Prilaku prilaku
berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan QS, Al-Baqarah : 148 dan Qs Fathir:
32
NO
|
URAIAN PENILAIAN
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
1
|
Kemampuan siswa dalam
mengaplikasikan pentingnya saling menghormati dalam kompetisi
|
|
|
2
|
Kemampuan siswa bersikap
sabar dalam kompetisi
|
|
|
3
|
Kemampuan siswa bersikap
ikhlas dalam kompetisi
|
|
|
4
|
Kemampuan siswa dalam
menghayati situasi positif/negative ketika berkompetisi
|
|
|
5
|
Dst……….
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
TARIKH
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/1
Petemuan ke : I dan 2
Alokasi waktu : 2x45 Menit
(Pertemuan)
Standar kompetensi : Memahami perkembangan Islam
pada abad pertengahan (1250-1800)
Kompetesi Dasar : 6.1. Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad pertengahan
6.2.menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam pada abad pertengahan.
Indikator :
Siswa menjelaskan perkembangan dunia Islam,ajaran Islam, dan kebudayaan pada
abad pertengahan.
Siswa dapat mengambil mamfaat dari sejarah
perkembangan Islam pada abad pertengahan.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN : 1. Siswa menggali informasi dan berdiskusi
tentang perkembangan tentang dunia islam, ajaran Islam, Ilmu pengetahuan dan
kebudayaan pada abad pertengahan.
2.
Siswa memahami mamfaat dari sejarah perkembangan Islam pada abad
pertengahan.
II. MATERI AJAR
Perkembangan
dunia Islam,ajaran Islam, dan kebudayaan pada abad pertengahan.
III. METODE PEMBELAJARAN
1.
Diskusi kelompok
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
IV. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal
1.
Pembentukan Kelompok
2.
Pembentukan materi diskusi kelompok
a. Kelompok 1
Tentang perkembangan dunia islam ajaran Islam, Ilmu pengetahuan dan
kebudayaan pada abad pertengahan.
b. Kelompok 2 tentang mamfaat
dari sejarah perkembangan Islam pada abad pertengahan.
B.
Kegiatan Inti
1. Siswa berdiskusi Tentang perkembangan dunia islam
ajaran Islam, Ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada abad pertengahan.
2. Siswa
menyimpulkan hasil diskusi.
D.
Kegiatan Akhir
1. Guru meluruskan dan menegaskan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
Buku pendidikan agama islam kelas XI hal 90
IV. PENILAIAN
A.
Penilaian proses
1.
Individu
2.
Kelompok
B.
Penulaian akhir (kognitif)
1.
Tes tulis
2.
Tes lisan
SKBM 70
Lembar penilaian
Aspek kognitif
- apa alasannya bahwa islam pada abad pertengahan itu mengalami kemunduran
- jelaskan beberapa mamfaat dari sejarah perkembangan islam pada abad pertengahan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
TARIKH
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XI/1
Petemuan ke : I dan 2
Alokasi waktu : 2x45 Menit
(Pertemuan)
Standar kompetensi : Memahami perkembangan Islam
pada masa modern (1800- sekarang)
Kompetesi Dasar : 13.1. Menjelaskan perkembangan Islam pada masa
modern
13.2. Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam pada masa modern
Indikator :
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan dunia Islam,ajaran Islam, dan kebudayaan pada masa modern.
2.
Siswa bisa mengambil mamfaat dari sejarah perkembangan Islam pada masa modern.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN : 1. Siswa menggali informasi dan berdiskusi tentang
perkembangan dunia islam, ajaran Islam, Ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada masa
modern.
2. Siswa
memahami mamfaat dari sejarah perkembangan
Islam pada msa modern.
II. MATERI AJAR
Perkembangan
dunia Islam,ajaran Islam, pada abad
pertengahan.
III. METODE PEMBELAJARAN
4.
Diskusi kelompok
5.
Tanya jawab
6.
Pemberian tugas
IV. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
B.
Kegiatan awal
1.
Pembentukan Kelompok
2.
Pembentukan materi diskusi kelompok
a. Kelompok 1
Tentang perkembangan dunia islam ajaran Islam, Ilmu pengetahuan dan
kebudayaan pada abad modern.
b. Kelompok 2 tentang mamfaat
dari sejarah perkembangan Islam pada abad modern.
B.
Kegiatan Inti
1. Siswa berdiskusi Tentang perkembangan dunia islam
ajaran Islam, Ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada abad masa modern.
2. Siswa
menyimpulkan hasil diskusi.
D.
Kegiatan Akhir
1. Guru meluruskan dan menegaskan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
Buku pendidikan agama islam kelas XI (hal
216)
IV. PENILAIAN
C.
Penilaian proses
1.
Individu
2.
Kelompok
D.
Penulaian akhir (kognitif)
1.
Tes tulis
2.
Tes lisan
SKBM 70
Lembar penilaian
Aspek kognitif
1.
Jelaskan pengaruh penrkembangan dunia
islam pada abad pembaharuan terhadapa islam dan ummat islam di indoneisia
2.
Jelaskan beberapa mamfaat dari
sejarah perkembangan Islam pada masa modern dan pembaharuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar