RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
TARIKH
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : XII/I
Petemuan ke : I dan II
Alokasi waktu :
Standar kompetensi :
Menerapkan hukum Islam dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator Pencapaian :
1.
Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang pernikahan
2. Mengemukakan dalil Naqli tentang pernikahan
3. Menguraikan hikmah pernikahan
4. Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang talak dan
rujuk
5. Mengemukakan
dalil Naqli tentang talak dan rujuk
6.
Menguraikan hikmah tentang talak dan rujuk
7.
Menjelaskan ketentuan perkawinan
I. Tujuan pembelajaran :
1.Mendiskripsikan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.Mendiskripsikan tentang pernikahan dan
hikmahnya, serta mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Ajar 3.Munakahat
III. Metode Pembelajaran : @. Ceramah
@. Diskusi Kelompok
@. Tanya Jawab
@. Penguasaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1.
Pembentukan Kelompok
a.
Kelompok I : Membahas tentang
landasan seseorang melangsungkan perkawinan
b.
Kelompok II : Membahas tentang
rukun mikah
c.
Kelompok III : Membahas tentang hak
dan kewajiban suami isteri
d.
Kelompok IV : Membahas tentang Talak
e.
Kelompok V : Membahas tentang Iddah
f. Kelompok
VI : Membahas tentang Rujuk
g.
Kelompok VII : Membahas tentang
kompelasi hukum Islam id Indonesia
tentang perkawinan
h.
Kelompok VIII : Membahas tentang peran
pengadilan Agama
B. Kegiatan Inti
1 Membentuk
kelompok dan menunjuk ketua
2.Siswa berdikusi tentang hal-hal yang
berhubungan dengan perkawinan sesuai dengan tugas masing masing
3.Siswa menyimpulkan hasil diskusi
D. Kegiatan Akhir
#. Siswa melaporkan hasil diskusi
#. Guru mengadakan perbaikan-perbikan
hasil diskusi yang kurang benar
E. Alat dan sumber Ajar
@.
Al-Qur'an dan terjemahnya Depag
VI.
Alat Pemilaian
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
Mata Pelajaran : Pendidikan agama islam
Kelas/Semester : XII/I
Aspek : al-Qur'an
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standat Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang
anjuran bertoleransi
Kompetensi Dasar : 1. 1. Membaca
QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
1. 2.
mampu menjelaskan arti QS Al-Kafirun, QS
Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
1. 3
membiasakan prilaku bertoleransi seperti yang terkandung dalam
QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
Indikator :
1.membaca dengan fasih QS Al-Kafirun, QS
Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
2.mengartikan dengan benar mufrodat QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
3.menerjemahkan dengan benar QS Al-Kafirun,
QS Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
yang mencerminkaqn QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
4.Menyimpulkan dengan benar kandungan QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
5.menunjukkan prilaku yang mencerminkan QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
I. Tujuan Pembelajaran
1. siswa diharapkan kompeten dalam membaca QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
2. Siswa dapat mendeskripsikan ayat-ayat tentang
toleransi
3. Siswa dapat mendeskripsikan ayat-ayat tentang
toleransi dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Pembelajaran
QS Al-Kafirun,
QS Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
III. Metode Pembelajaran
1.
ceramah
2.
Diskusi kelompok
3.
pemberian tugas
IV LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1.
guru menyampaikan salam
2.
guru mengadakan appersepsi
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. KEGIATAN INTI
1.
Guru membagi kelompok diskusi dalam
kelas
2.
Membaca dengan fasih QS Al-Kafirun,
QS Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
3.
mengartikan dengan benar mufrodat QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
4.
menerjemahkan dengan benar QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS
Al- kahfi: 29 yang
mencerminkaqn QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al- kahfi: 29
5.
Menyimpulkan dengan benar kandungan
QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
6.
menunjukkan prilaku yang mencerminkan
QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
V. PENUTUP
1. Guru
meresume dari hasil yang dipresentasilan siswa
2. Guru
mengucapkan salam
VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Al-Qur'an dan terjemah Depag RI
- Buku pegangan
VII. PENILAIAN
1. Bacalah dengan baik QS Al-Kafirun, QS Yunus:
40-41 dan QS Al- kahfi: 29
2. Simpulkan kandungan pokok dari QS
Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-
kahfi: 29
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Satuan pendidikan : SMK3N
Kelas/Semester : XII/I
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standat Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang etos kerja
Kompetensi Dasar :1.1
Membaca
QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
1.2. mampu
menjelaskan arti QS al-Mujadalah: 11 dan
QS, Al-Jumuah: 9-10
1.3 membiasakan
beretos kerja seperti yang terkandung
dalam QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
Indikator :
1.
Mampu
membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
2.
Mampu mengidentifikasi tajwid QS
al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
3.
Mampu mengartikan dan menerjemahkan
masing-masing kata yang QS al-Mujadalah:
11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
4.
Mampu mengidentifikasi dan
mempraktekkan prilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujadalah:
11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
5.
Mampu menunjukkan prilaku etos kerja
sesuai dengan QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS al-Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
2. Siswa mampu mengidentifikasi tajwid QS
al-Mujadalah:11 dan QS al-Jumuah: 9-10
3. Siswa bisa mengartikan dan
menerjemahkan masing-masing kata yang QS
al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
4. Siswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan
prilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujdalah: 11 dan QS
Al-Jumuah: 9-10
5.
Siswa mampu menunjukkan prilaku etos kerja sesuai dengan QS al-Mujadalah: 11
dan QS, Al-Jumuah: 9-10
II. Materi Pembelajaran
QS
al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
III. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi kelompok
4.
pemberian tugas
IV LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Guru menyampaikan salam
2.
Guru mengadakan appersepsi
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. KEGIATAN INTI
1.
Guru membagi kelompok diskusi dalam kelas
2.
Siswa membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS,
Al-Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
3. Siswa mengidentifikasi
tajwid QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
4. Siswa mengartikan dan menerjemahkan
masing-masing kata yang QS al-Mujadalah:
11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
5. Siswa mengidentifikasi dan mempraktekkan
prilaku etos kerja seperti yang
terkandung dalam QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
6. Siswa menunjukkan prilaku etos kerja sesuai
dengan QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
V. PENUTUP
1. Guru
meresume dari hasil yang dipresentasikan siswa
2. Guru
mengucapkan salam
VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Al-Qur'an dan terjemah Depag RI
- Buku pegangan
- Kumpulan Hadits Nabi
VII. PENILAIAN
1. Tes lisan
2. Tes Tulis
Pamekasan, 12 November 2011
Mengetahui
Guru Pendamping
Praktikan
Haryanto, S,Ag Abd kholiq alim
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
Mata Pelajaran : Pendidikan agama Islam
Kelas/Semester : XII/2
Aspek : al-Qur'an
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standar Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang pengembangan
iptek
Kompetensi Dasar :1.
Membaca QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
2. Menjelaskan arti QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
3
Melakukan pengembangan Iptek seperti yang terkandung dalam
QS QS yunus: 101 dan QS
Al-Baqoroh: 164
Indikator
1. Mampu
membaca QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
2. Mampu
mengidentifikasi tajwid QS yunus: 101 dan QS Al- Baqoroh: 164
3. Mampu
mengartikan dan masing-masing kata dan ayat QS yunus: 101 dan QS Al- Baqoroh: 164
4. Mampu mendiskusikan terjemah dan
mendiskusikan al-Qur'an seperti QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
5. Mampu
menerapkan QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
II. Materi Pembelajaran
QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
III. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi kelompok
3.
Pemberian tugas
IV LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1.
Guru menyampaikan salam
2.
Guru mengadakan appersepsi
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. KEGIATAN INTI
1.
Guru membagi kelompok diskusi dalam kelas
2. Kelompok I
membaca QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
3.
Kelompok II mengidentifikasi tajwid QS yunus: 101 dan QS Al- Baqoroh:
164
4. Kelompok
III mengartikan dan masing-masing kata dan ayat QS yunus: 101 dan QS
Al-Baqoroh: 164
5. Keelompok IV mendiskusikan terjemah dan
mendiskusikan al-Qur'an seperti QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
IV. PENUTUP
1. Guru
meresume dari hasil yang dipresentasikan siswa
2. Guru
mengucapkan salam
VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
- Al-Qur'an dan terjemah Depag RI
- Buku pegangan
VII. PENILAIAN
- Bacalah QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
- Tunjukkan bacaan apasajakah yang terkandung dalam QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
- simpulkan kandungan pokok dari QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
Tidak ada komentar:
Posting Komentar