Minggu, 27 Mei 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK TARIKH

MATA PELAJARAN                  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester                      : XII/I
Petemuan ke                           : I dan II
Alokasi waktu                         :
Standar kompetensi               :  Menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Pencapaian             :  1.  Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang pernikahan
                                                   2.  Mengemukakan dalil Naqli tentang pernikahan
                                                   3.  Menguraikan hikmah pernikahan
                                                   4.  Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang talak dan   rujuk
                                                   5.  Mengemukakan dalil Naqli tentang talak dan rujuk
                                                   6.  Menguraikan hikmah tentang talak dan rujuk
                                                   7.  Menjelaskan ketentuan perkawinan
I.  Tujuan pembelajaran         :  1.Mendiskripsikan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
                                                   2.Mendiskripsikan tentang pernikahan dan hikmahnya, serta mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari
II.  Materi Ajar                          3.Munakahat
III. Metode Pembelajaran     : @. Ceramah
                                                  @. Diskusi Kelompok
                                                  @. Tanya Jawab
                                                  @. Penguasaan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Kegiatan Awal
         1. Pembentukan Kelompok
         a. Kelompok   I        :  Membahas tentang landasan seseorang melangsungkan perkawinan
         b. Kelompok  II        :  Membahas tentang rukun mikah
         c. Kelompok  III       :  Membahas tentang hak dan kewajiban suami isteri
         d. Kelompok  IV       :  Membahas tentang Talak
         e. Kelompok   V       :  Membahas tentang   Iddah
         f.  Kelompok   VI      :  Membahas tentang Rujuk
         g. Kelompok  VII      :  Membahas tentang kompelasi hukum Islam id Indonesia tentang perkawinan
         h. Kelompok  VIII    :  Membahas tentang peran pengadilan Agama
B.  Kegiatan Inti
         1 Membentuk kelompok dan menunjuk ketua
         2.Siswa berdikusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan perkawinan sesuai dengan tugas masing masing
         3.Siswa menyimpulkan hasil diskusi
D.  Kegiatan Akhir
         #. Siswa melaporkan hasil diskusi
         #. Guru mengadakan perbaikan-perbikan hasil diskusi yang kurang benar
E.  Alat dan sumber Ajar
     @.  Al-Qur'an dan terjemahnya Depag
VI. Alat Pemilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR'AN
Mata Pelajaran                     : Pendidikan agama islam
Kelas/Semester                    : XII/I
Aspek                                 : al-Qur'an
Alokasi Waktu                      : 2 X 45 Menit
Standat Kompetensi              : Memahami ayat-ayat Al-Qur'an  tentang anjuran  bertoleransi
Kompetensi Dasar                :  1. 1.  Membaca QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
                                 1. 2. mampu menjelaskan arti  QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
                                 1. 3 membiasakan prilaku bertoleransi seperti yang terkandung  dalam  QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
Indikator                     :  1.membaca dengan fasih QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41  dan QS Al-   kahfi: 29
                                       2.mengartikan dengan benar mufrodat QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
                                       3.menerjemahkan dengan benar QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29 yang mencerminkaqn QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
                                       4.Menyimpulkan dengan benar kandungan QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
                                       5.menunjukkan prilaku yang mencerminkan QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
I. Tujuan Pembelajaran  
1.  siswa diharapkan kompeten dalam membaca QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
2.  Siswa dapat mendeskripsikan ayat-ayat tentang toleransi
3.  Siswa dapat mendeskripsikan ayat-ayat tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari       
II. Materi Pembelajaran
    QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
III. Metode Pembelajaran
1.     ceramah
2.     Diskusi kelompok
3.     pemberian tugas
IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
      1.  guru menyampaikan salam
      2.  guru mengadakan appersepsi
      3.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.  KEGIATAN INTI
1.     Guru membagi kelompok diskusi dalam kelas
2.     Membaca dengan fasih QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41  dan QS Al-   kahfi: 29
3.     mengartikan dengan benar mufrodat QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
4.     menerjemahkan dengan benar QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS  Al-     kahfi: 29 yang mencerminkaqn QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
5.     Menyimpulkan dengan benar kandungan QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
6.     menunjukkan prilaku yang mencerminkan QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
V. PENUTUP
      1. Guru meresume dari hasil yang dipresentasilan siswa
      2. Guru mengucapkan salam
VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
  1. Al-Qur'an dan terjemah Depag RI
  2. Buku pegangan
VII. PENILAIAN
      1.   Bacalah dengan baik QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29
      2.   Simpulkan kandungan pokok dari QS Al-Kafirun, QS Yunus: 40-41 dan QS Al-   kahfi: 29

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR'AN
Mata pelajaran                     : Pendidikan Agama Islam
Satuan pendidikan                : SMK3N
Kelas/Semester                    : XII/I
Alokasi Waktu                      : 2 X 45 Menit


Standat Kompetensi         : Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang etos kerja
Kompetensi Dasar            :1.1   Membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
                                           1.2.  mampu menjelaskan arti  QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
                                  1.3  membiasakan beretos kerja seperti yang terkandung  dalam   QS al-Mujadalah:  11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
Indikator                           :
1.     Mampu  membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
2.     Mampu mengidentifikasi tajwid QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
3.     Mampu mengartikan dan menerjemahkan masing-masing  kata yang QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
4.     Mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan prilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
5.     Mampu menunjukkan prilaku etos kerja sesuai dengan QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10

I. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS al-Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
    2. Siswa mampu mengidentifikasi tajwid QS al-Mujadalah:11 dan QS al-Jumuah: 9-10
     3. Siswa bisa mengartikan dan menerjemahkan masing-masing  kata yang QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
4. Siswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan prilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujdalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10
5. Siswa mampu menunjukkan prilaku etos kerja sesuai dengan QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10

II. Materi Pembelajaran
    QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
III. Metode Pembelajaran
1.     Ceramah
2.     Tanya jawab
3.     Diskusi kelompok
4.     pemberian tugas
IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
      1.  Guru menyampaikan salam
      2.  Guru mengadakan appersepsi
      3.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.  KEGIATAN INTI
      1.    Guru membagi kelompok diskusi dalam kelas
      2.    Siswa  membaca QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10 dengan baik dan benar
      3.    Siswa mengidentifikasi tajwid QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
      4.  Siswa mengartikan dan menerjemahkan masing-masing  kata yang QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
      5.  Siswa mengidentifikasi dan mempraktekkan prilaku etos kerja seperti yang  terkandung dalam QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
      6.   Siswa menunjukkan prilaku etos kerja sesuai dengan QS al-Mujadalah: 11 dan QS, Al-Jumuah: 9-10
V. PENUTUP
      1. Guru meresume dari hasil yang dipresentasikan siswa
      2. Guru mengucapkan salam
VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
  1. Al-Qur'an dan terjemah Depag RI
  2. Buku pegangan
  3. Kumpulan Hadits Nabi
VII. PENILAIAN
      1.   Tes lisan
      2.  Tes Tulis

Pamekasan, 12 November 2011
Mengetahui

                    Guru Pendamping                                                                            Praktikan

Haryanto, S,Ag                                                                           Abd kholiq alim

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR'AN
Mata Pelajaran                     : Pendidikan agama Islam
Kelas/Semester                    : XII/2
Aspek                                 : al-Qur'an
Alokasi Waktu                      : 2 X 45 Menit
Standar Kompetensi             : Memahami ayat-ayat Al-Qur'an  tentang pengembangan iptek
Kompetensi Dasar                :1. Membaca QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
                                           2. Menjelaskan arti  QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
                                        3 Melakukan pengembangan Iptek seperti yang terkandung  dalam   QS QS yunus:         101 dan QS Al-Baqoroh: 164
Indikator                          
                                             1.  Mampu  membaca QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
                                             2.  Mampu mengidentifikasi tajwid QS yunus: 101 dan QS Al- Baqoroh: 164
                                    3. Mampu mengartikan dan masing-masing kata dan ayat QS yunus: 101 dan QS  Al- Baqoroh: 164
                                    4.  Mampu mendiskusikan terjemah dan mendiskusikan al-Qur'an seperti QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
                                             5.  Mampu menerapkan QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
II. Materi Pembelajaran
QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
III. Metode Pembelajaran
1.     Ceramah
2.     Diskusi kelompok
3.     Pemberian tugas
IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
      1.  Guru menyampaikan salam
      2.  Guru mengadakan appersepsi
      3.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.  KEGIATAN INTI
      1.    Guru membagi kelompok diskusi dalam kelas
      2.    Kelompok I  membaca QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
      3.    Kelompok II mengidentifikasi tajwid QS yunus: 101 dan QS Al- Baqoroh: 164
      4.    Kelompok III mengartikan dan masing-masing kata dan ayat QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
      5.  Keelompok IV mendiskusikan terjemah dan mendiskusikan al-Qur'an seperti QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
IV. PENUTUP
      1. Guru meresume dari hasil yang dipresentasikan siswa
      2. Guru mengucapkan salam
VI. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
  1. Al-Qur'an dan terjemah Depag RI
  2. Buku pegangan
VII. PENILAIAN
  1. Bacalah QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
  2. Tunjukkan bacaan apasajakah yang terkandung dalam QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164
  3. simpulkan kandungan pokok dari QS yunus: 101 dan QS Al-Baqoroh: 164









Tidak ada komentar:

Posting Komentar