Minggu, 27 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AQIDAH

MATA PELAJARAN                  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester                      : X/2
Petemuan ke                           : I ,2 dan 3
Alokasi waktu                         : 6x45 Menit
Standar kompetensi               : 8. Meningkatkan keimanan kepada malaikat                                                  
Kompetesi Dasar                    : 8.1  Menjeliaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat
Indikator Pencapaian             : 8.2  Menampilkan contoh-contoh prilaku beriman kepada malaikat
                                            8.3 Menampilkan prilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR                             : 1.   Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat
2.     Menjeliaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat
3.     Mampu menjelaskan contoh-contoh prilaku beriman kepada malaikat
4.     Mampu menampilkan contoh-contoh prilaku beriman kepada malaikat
5.     Mampu menampilkan prilaku mulia sebagai cerminan beriman kepada malaikat
6.     Mampu membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
C.  MATERI PEMBELAJARAN  : a.    Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat
                                                  b.  Siswa dapat menjelaskan dan menampilkan contoh-contoh beriman kepada mailakat
c.   Siswa dapat prilaku yang mulia dan Mampu membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
D.  MATERI PEMBELAJARAN
     Iman kepada malaikat
E.  METODE PEMBELAJARAN
     a.  Ceramah
     b.  Diskusi kelompok
     c.  Tanya jawab
     d.  Pemberian tugas
F.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pendahuluan
    Guru mengadakan appersepsi
    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    Kegiatan inti
    Guru membagi kelompok sisjusi kelas
a.     Kelompok  1 Membahas pengertian dan tanda-tanda beriman kepada malaikat
    b.   Kelompok 2  menjelaskan dan menampilkan contoh-contoh beriman kepada mailakat
    c.  Kelompok 3  membahas bagaimana prilaku yang mulia Mampu membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
     PENUTUP 
     Pemberian tugas
a.     Kelompok I dan II memppresentasikan hasil diskusi kelompoknya pada pertemuan kedua
b.     Kelompok III  memppresentasikan hasil diskusi kelompoknya pada pertemuan  ketiga
     PERTEMUAN KEDUA
     Pendahuluan
     Guru mengadakan appersepsi
     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
a.     presentasi kelompok I dan II (bergantian) sekaligus Tanya jawab antara kelompok
b.     Guru memperhatikan, menilai dan mengklarifikasi
Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi kelompok I dan II
PERTEMUAN KETIGA
     Pendahuluan
     Guru mengadakan appersepsi
     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
       KEGIATAN INTI
a.     Presentasi kelompok III dan Tanya jawab
b.     Guru memperhatikan dan mengklarifikasi
c.     Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil presentasikelompok III

Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi
Kelompok III
a.     siswa dan guru melakukan refleksi
b.     Guru memberikan tugas (PR)
G.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
     buku teks, Al-Qur'an dan terjemahnya
H.  PENILAIAN
     1. Penilaian proses
         a. Individu
         b. Kelompok
     2. Penilaian akhir (kognitif)
        Tes Tulis
Lembar penilaian
Aspek kognitif
a.     sebutkan tyanda-tanda beriman kepada  malaikat
b.     Tulis ayat tentang beriman kepada melaikat
c.     Tunujukan dalil aqli tentang beriman kepada malaikat
d.     Bagaiman caramu menghayati iman kepada malaikat? Sebutkan contoh dalam kehidupan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AQIDAH

MATA PELAJARAN                  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester                      : X/2
Petemuan ke                           : I ,2 dan 3
Alokasi waktu                         : 6x45 Menit
Standar kompetensi               : 9. Membiasakan prilaku terpuji                                                  
Kompetesi Dasar                    :9.1. Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias,   perjalanandalam bertamu
                                                 9.2. Menampilakn contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias,  perjalanan dalam bertamu           
                                                 9.3.   Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias,   perjalanandalam bertamu, atau menerima tamu  dalam kehidupan sehari-hari     
INDIKATOR                             : 1.   Mampu adab dalam berpakaian      
2.     mampu menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian
3.     mampu menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan
4.     mampu menjelaskan pengertian adab dalam  bertamu/menerima tamu
5.     Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam berpakaian
6.     Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam berhias
7.     Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam perjalanan
8.     Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam dalam bertamu atau menerima tamu
9.     Mampu mempraktikkan prilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
                                                  10.  Mampu mempraktikkan prilaku yang baik dan benar dalam berhias
                                                  11.  Mampu mempraktikkan prilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
                                                  12.  Mampu mempraktikkan prilaku yang baik dan benar dalam Bertamu
C.  MATERI PEMBELAJARAN     : a.  Siswa dapat menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias,   perjalanandalam bertamu
                                                   b. Siswa dapat menjelaskan dan menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias,   perjalanandalam bertamu
                                                   c.  Siswa dapat prilaku yang baik dan benar dalam berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu
D.  MATERI PEMBELAJARAN
     Tatakrama berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu
E.  METODE PEMBELAJARAN
     a.  Ceramah
     b.  Diskusi kelompok
     c.  Tanya jawab
     d.  Pemberian tugas
F.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
    Pertemuan pertama
    Pendahuluan
    Guru mengadakan appersepsi
    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    Kegiatan inti
    Guru membagi kelompok sisjusi kelas
  1. Kelompok  1 membahas penegrtian  berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu
  2. Menunjukkan contoh-contoh dalam membahas penegrtian  berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu.
  3. Kelompok III membahas cara mempraktekkan prilaku yang baik dan benar dalam berhias, perjalanan, bertamu/menerima tamu
     PENUTUP 
     Pemberian tugas
a.     kelompok I dan II mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya pada pertemuan pertama
b.     Kelompok III  memppresentasikan hasil diskusi kelompoknya pada pertemuan  ketiga
     PERTEMUAN KEDUA
     Pendahuluan
     Guru mengadakan appersepsi
     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  1. Presentasi kelompok I dan II (bergantian) sekaligus Tanya jawab antara kelompok
  2. Guru memperhatikan, menilai dan mengklarifikasi

Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi kelompok I dan II
PERTEMUAN KETIGA
     Pendahuluan
     Guru mengadakan appersepsi
     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
       KEGIATAN INTI
a.     Presentasi kelompok III dan Tanya jawab
b.     Guru memperhatikan dan mengklarifikasi
d.     Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan hasil presentasikelompok III
Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi
Kelompok III
a.     siswa dan guru melakukan refleksi
b.     Guru memberikan tugas (PR)
G.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
     buku teks, Al-Qur'an dan terjemahnya
H.  PENILAIAN
     1. Penilaian proses
         a. Individu
         b. Kelompok
     2. Penilaian akhir (kognitif)
        Tes Tulis
Lembar penilaian
Aspek kognitif
  1. Jelaskan pengertian berpakaian menurut ilmu fiqh
  2. Jelaskan batas wanita muslimah
  3. Apakah hukumnya bagi laki-laki yang memakai emas/perhiasan
  4. Sebutkan tiga cara bertamu yang baik

             


             

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN                  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester                      : X/2
Petemuan ke                           : I dan 2
Alokasi waktu                         : 4x45 Menit
Standar kompetensi               : Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang demokrasi
Kompetesi Dasar                    : 1.  Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
                                                  2.  Menyebutkan arti  QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
Indikator                                 :1. Mampu membaca ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan materi pembelajara dengan baik dan benar
                                                 2.  Mampu mendentifikasi tajwidnya dengan baik dan benar
                                                 3.mampu menyebutkan arti ayat al-qur'an sesuaidengan materi  pembelajaran dengan baik dan benar
                                                 4. mampu menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-qur'an sesuai denag materi pembelajaran dengan baik dan benar
                                                 5. mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis  sesuai denag materi pembelajaran dengan baik dan benar
I. TUJUAN PEMBELAJARA
1.  Dapat membaca ayat-ayat al-Qur'an dengan baik dan benar
2.  dapat mengenal hokum bacaan menurut tajwidnya
3.  Dapat mengartikan ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan materi pembelajaran
4.  dapat menerpkan prilaku demokratis dalam prilku kehidupan sehar-hari
II. MATERI PEMBELAJARAN
*. Qs. Ali Imran: 159
*. Qs Asy Syura: 38
III. METODE PEMBELAJARAN
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  diskusi Kelompok
4.  Pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  Kegiatan awal
1.  guru memberikan salam
2.  Guru mengadakan appersepsi
3.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.  Kegiatan Inti
1.  Guru menerangkan pokok-poko pembelajaran secara garis besarnya
2.  Guru mengadakan Tanya jawab tentang materi pembelajaran
3.  Guru membentuk kelompok diskusi dalam kelas
4.  Siswa menegrjakan soal-soal latihan menurut kelompoknya dengan panduan guru
5.  siswa bersama guru menyamakan persepsi dari hasil diskusi
6.  Guru meluruskan hasil diskusi
C.  Kegiatan akhir
1.  Siswa melaporkan dan menyimpulkan hasil diskusi]
2.  Guru memberikan PR
3.  Guru menutup pelajaran dengan salam
V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1.  Al-Qur'an dan terjemahnya
2.  Buku paket PAI kelas X
3.  Buku LKS PAI kelas X
4.  Buku Tajwid
5.  CD Al-Qur'an
6.  Buku-buku yang relevan
VI.  PENILAIAN
       A. Penilaian proses
                  1.  Individu
                  2.  Kelompok
       B. Penilaian akhir (kognitif)
                  1.  Tes Tulis





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN                  :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester                      :  X/2
Petemuan ke                           :  I dan 2
Alokasi waktu                         :  4x45 Menit
Standar kompetensi               :  Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang demokrasi
Kompetesi Dasar                    : Menampilkan prilaku hidup demokratis  seperti yang terkandung QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38                                             
Indikator                                 :1. Mampu menunjukkan prilaku yang demokratis sesuai dengan materi pembelajaran
                                                 2. Mampu menunjukkan mamfaat prilaku yang demokratis sesuai dengan materi pembelajaran.     
I. TUJUAN PEMBELAJARA
1.  Dapat menujukkan prilku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat
II. MATERI PEMBELAJARAN
*. Qs. Ali Imran: 159
*. Qs Asy Syura: 38
III. METODE PEMBELAJARAN
1.  Ceramah
2.  Tanya Jawab
3.  diskusi Kelompok
4.  Pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  Kegiatan awal
1.  guru memberikan salam
2.  Guru mengadakan appersepsi
3.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.  Kegiatan Inti
1.  Guru menerangkan pokok-poko pembelajaran secara garis besarnya
2.  Guru mengadakan Tanya jawab tentang materi pembelajaran
3.  Guru membentuk kelompok diskusi dalam kelas
4.  Siswa menegrjakan soal-soal latihan menurut kelompoknya dengan panduan guru
5.  siswa bersama guru menyamakan persepsi dari hasil diskusi
6.  Guru meluruskan hasil diskusi
C.  Kegiatan akhir
1.  Siswa melaporkan dan menyimpulkan hasil diskusi
2.  Guru memberikan PR
3.  Guru menutup pelajaran dengan salam
V.  ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1.  Al-Qur'an dan terjemahnya
2.  Buku paket PAI kelas X
3.  Buku LKS PAI kelas X
4.  Buku Tajwid
5.  CD Al-Qur'an
6.  Buku-buku yang relevan
VI.  PENILAIAN
       A. Penilaian proses
                  1.  Individu
                  2.  Kelompok
       B. Penilaian akhir (kognitif)
                  1.  Tes Tulis


                                                 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
ASPEK TARIKH

MATA PELAJARAN                      : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER                    : X/2
PERTEMUAN KE                         : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU                       : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI              : 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
KOMPETENSI DASAR                  : 6.1. Menceritakan sejarah Rasulullah periode Makkah
                                                  6.2. Mendeskripsikan substansi dan strategi da’wah Rasulullah periode Madinah
INDIKATOR                               : 1. Siswa menjelaskan kondisi masyarakat Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW
                                                  2. Siswa membandingkan kondisi masyarakat sekarang dengan masyarakat jahiliyah
                                                  3. Siswa menjelaskan tantangan yang dihadapi Rasulullah dalam tugas da’wahnya di Madinah
                                                  4.       Siswa menjelaskan strategi Rasulullah dalam menghadapi berbagai macam tantangan
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Siswa membaca buku sejarah dan berdiskusi tentang kondisi masyarakat Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW
  2. Siswa menggali informasi dan berdiskusi tentang kondisi masyarakat sekarang dengan masyarakat jahiliyah
  3. Siswa mencari informasi dan berdiskusi tentang tantangan yang dihadapi Rasulullah dalam tugas da’wahnya di Madinah
  4. Siswa mencari informasi dan berdiskusi tentang strategi Rasulullah dalam menghadapi berbagai macam tantangan

II. MATERI AJAR :
Keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah

III. METODE PEMBELAJARAN
1.     Diskusi kelompok
2.     Tanya jawab
3.     Pemberian tugas

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1.  Pembentukan kelompok
2.  Penentuan materi diskusi kelompok
a.      Kelompok 1 tentang kondisi masyarakat Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW
b.      Kelompok 2 tentang kondisi masyarakat sekarang dengan masyarakat jahiliyah
c.       Kelompok 3 tentang tantangan yang dihadapi Rasulullah dalam tugas da’wahnya di Madinah
d.      Kelompok 4 tentang strategi Rasulullah dalam menghadapi berbagai macam tantangan
3. Membagi narasi problem solving
B. KEGIATAN INTI           :
a.     Ketua kelompok memberi informasi kepada kelompok masing-masing
b.     Siswa berdiskusi tentang fenomina maraknya penyimpangan aqidah dan kerusakan moral yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sekarang, sekaligus membandingkan tentang kondisi masyarakat jahiliyah pada masa kerasulan Nabi Muhammad
c.     Siswa menyimpulkan hasil diskusi
d.     Siswa menyimpulkan hasil diskusi

C.    KEGIATAN AKHIR
Guru meluruskan dan menegaskan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1.  Al Qur’an dan terjemah Depag RI
2.  Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X
3.  Ensiklopedia Islam
4.  Buku Sejarah Islam


VI. PENILAIAN
A. Penilaian Proses
1.     Individu
2.     Kelompok
B. Penilaian Akhir (kognitif)
            1. Tes tulis
SKBM : 70
Lembar Penilaian :
Aspek Kognitif
1.     Jelaskan masyarakat Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW !
2.     Tunjukkan kondisi masyarakat dewasa ini yang identik dengan masyarakat jahiliyah !
3.     Jelaskan tantangan yang dihadapi Rasulullah dan bagaimana cara menghadapinya !
4.     Bagaimana strategi kita untuk membentengi diri, keluarga dan masyarakat dari penyimpangan-penyimpangan aqidah dan kerusakan moral dewasa ini, Jelaskan !

No
Nama
Nomor Soal
Skor
1
2
3
4
1
2
3
4
5
Mudhari
Fathurrahman
Siti Khadijah
Ramli
Khalil
25
25
20
25
10

25
0
20
20
20
25
25
25
25
10
10
0
10
25
10
85
50
75
95
50
Keterangan
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Jawaban siswa yang kurang tepat
Jawaban siswa yang tidak lengkap tapi benar
Jawaban siswa lengkap dan benar
0 – 8
9 – 16
17 – 25
Aspek Afektif :
No
Pernyataan
Skala
1
2
3
4
1
2
3
4

5
Kehadiran siswa pada waktu pelajaran PAI
Siswa berusaha memiliki buku pelajaran PAI
Siswa mengikuti diskusi kelompok
Siswa berusaha bertanya pada teman atau guru bila belum jelas
Siswa berusaha mengumpulkan tugas tepat waktu




Keterangan
No
Aspek yang dinilai
Skor
Positif
Negatif
1
2
3
4
SL   : Selalu
SR   : Sering
JR    : Jarang
TP    : Tidak Pernah
4
3
2
1
1
2
3
4
                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
ASPEK FIQIH

MATA PELAJARAN                      : Pendidikan Agama Islam
KELAS / SEMESTER                    : X/2
PERTEMUAN KE                         : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU                       : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI              : 6. Memahami hukum islam tentang zakat,haji dan wakaf
KOMPETENSI DASAR                  : 6.1.      Menjelaskan perundang undangan tentang zakat
        Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat
        Memaparkan ketentuan perundang undangan tentang pengelolaan zakat
INDIKATOR                               : 1. Menjelaskan pengertian zakat
                                                  2. Menyebutkan macam-macam zakat
                                                  3. menyebutkan nisab masing-masing zakat
                                                  4. Meyebutkan harta yang wajib dizakati
                                                  5. menyebutkan yang berhak menerima zakat
                                                  6. Menyebutkan tujuan diberlakukan zakat
                                                  7. Memberikan contoh pengelolaan zakat yang baik dan benar
                                                  8. memberikan contoh pengelolaan zakat di Indonesia
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa menjelaskan pengertian zakat
2. Siswa menyebutkan macam-macam zakat
3. Siswa menyebutkan nisab masing-masing zakat
4. Siswa Meyebutkan harta yang wajib dizakati
5. Siswa menyebutkan yang berhak menerima zakat
6. Siswa tujuan diberlakukan zakat
7. Siswa Memberikan contoh pengelolaan zakat yang baik dan benar
8. Siswa memberikan contoh pengelolaan zakat di Indonesia

II. MATERI AJAR :
Hukum islam tentang zakat,haji dan wakaf
III. METODE PEMBELAJARAN
  1. Diskusi kelompok
  2. Tanya jawab
  3. Pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1.     Pembentukan kelompok
2.     Penentuan materi diskusi kelompok
a.      Kelompok 1 tentang Pegertian zakat dan macam-macamnya
b.      Kelompok 2 tentang nisab masing-masing zakat dan harta yang yang wajib dizakati
c.       Kelompok 3 tentang yang berhak menrima zakat dan tujuan diberlakukan zakat
d.      Kelompok 4 tentang contoh pengelolaan zakat di Indonesia
3. Membagi narasi problem solving
B. KEGIATAN INTI           :
a.     Ketua kelompok memberi informasi kepada kelompok masing-masing
 b.    Siswa berdiskusi tentang Hukum islam tentang zakat,haji dan wakaf
b.     Siswa menyimpulkan hasil diskusi
c.     Siswa menyimpulkan hasil diskusi

D.   KEGIATAN AKHIR
Guru meluruskan dan menegaskan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
5.  Al Qur’an dan terjemah Depag RI
6.  Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X
7.  Ensiklopedia Islam
8.  Buku Sejarah Islam


VI. PENILAIAN
A. Penilaian Proses
1.     Individu
2.     Kelompok
B. Penilaian Akhir (kognitif)
            1. Tes tulis
SKBM : 70
Lembar Penilaian :
Aspek Kognitif
1.     Jelaskan pengertian zakat dan macam-macamnya
2.     jelaskan tentang mamfaat tentag diberlakukan zakat
3.     Jelaskan siapa sajakah yang berhak menerima zakat
4.     Kapankah ornga islam wajib mengeluarkan zakat

No
Nama
Nomor Soal
Skor
1
2
3
4
1
2
3
4
5
Rosidi
Syamsul A
Siti Khadijah
Maimunah
Rukayyah
25
25
20
25
10

25
0
20
20
20
25
25
25
25
10
10
0
10
25
10
85
50
75
95
50
Keterangan
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Jawaban siswa yang kurang tepat
Jawaban siswa yang tidak lengkap tapi benar
Jawaban siswa lengkap dan benar
0 – 8
9 – 16
17 – 25
Aspek Afektif :
No
Pernyataan
Skala
1
2
3
4
1
2
3
4

5
Kehadiran siswa pada waktu pelajaran PAI
Siswa berusaha memiliki buku pelajaran PAI
Siswa mengikuti diskusi kelompok
Siswa berusaha bertanya pada teman atau guru bila belum jelas
Siswa berusaha mengumpulkan tugas tepat waktu




Keterangan
No
Aspek yang dinilai
Skor
Positif
Negatif
1
2
3
4
SL   : Selalu
SR   : Sering
JR    : Jarang
TP    : Tidak Pernah
4
3
2
1
1
2
3
4
                                                                                               
                                                                                                                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar