RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AQIDAH
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X/2
Petemuan ke : I ,2 dan 3
Alokasi waktu : 6x45 Menit
Standar kompetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada
malaikat
Kompetesi Dasar : 8.1 Menjeliaskan tanda-tanda beriman kepada
malaikat
Indikator Pencapaian :
8.2 Menampilkan contoh-contoh prilaku
beriman kepada malaikat
8.3 Menampilkan prilaku sebagai cerminan
beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR : 1. Mampu
menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat
2.
Menjeliaskan tanda-tanda beriman
kepada malaikat
3.
Mampu menjelaskan contoh-contoh
prilaku beriman kepada malaikat
4.
Mampu menampilkan contoh-contoh
prilaku beriman kepada malaikat
5.
Mampu menampilkan prilaku mulia
sebagai cerminan beriman kepada malaikat
6.
Mampu membedakan orang yang beriman
dan tidak beriman kepada malaikat.
C. MATERI PEMBELAJARAN : a. Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman
kepada malaikat
b. Siswa
dapat menjelaskan dan menampilkan contoh-contoh beriman kepada mailakat
c. Siswa dapat
prilaku yang mulia dan Mampu membedakan orang yang beriman dan tidak
beriman kepada malaikat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Iman kepada malaikat
E. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah
b.
Diskusi kelompok
c.
Tanya jawab
d.
Pemberian tugas
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Guru mengadakan appersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
Guru membagi kelompok sisjusi kelas
a.
Kelompok 1 Membahas pengertian
dan tanda-tanda beriman kepada malaikat
b. Kelompok 2
menjelaskan dan menampilkan contoh-contoh beriman kepada mailakat
c. Kelompok 3
membahas bagaimana prilaku yang mulia Mampu membedakan orang yang
beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
PENUTUP
Pemberian
tugas
a.
Kelompok I dan II memppresentasikan
hasil diskusi kelompoknya pada pertemuan kedua
b.
Kelompok III memppresentasikan hasil diskusi
kelompoknya pada pertemuan ketiga
PERTEMUAN KEDUA
Pendahuluan
Guru mengadakan appersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
a.
presentasi kelompok I dan II
(bergantian) sekaligus Tanya jawab antara kelompok
b.
Guru memperhatikan, menilai dan
mengklarifikasi
Penutup
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi kelompok
I dan II
PERTEMUAN
KETIGA
Pendahuluan
Guru mengadakan appersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
KEGIATAN INTI
a.
Presentasi kelompok III dan Tanya jawab
b.
Guru memperhatikan dan
mengklarifikasi
c.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan hasil presentasikelompok III
Penutup
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi
Kelompok
III
a.
siswa dan guru melakukan refleksi
b.
Guru memberikan tugas (PR)
G. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
buku teks, Al-Qur'an dan terjemahnya
H. PENILAIAN
1. Penilaian proses
a. Individu
b. Kelompok
2. Penilaian akhir (kognitif)
Tes Tulis
Lembar penilaian
Aspek kognitif
a.
sebutkan tyanda-tanda beriman
kepada malaikat
b.
Tulis ayat tentang beriman kepada
melaikat
c.
Tunujukan dalil aqli tentang beriman
kepada malaikat
d.
Bagaiman caramu menghayati iman
kepada malaikat? Sebutkan contoh dalam kehidupan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AQIDAH
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X/2
Petemuan ke : I ,2 dan 3
Alokasi waktu : 6x45 Menit
Standar kompetensi : 9. Membiasakan prilaku
terpuji
Kompetesi Dasar :9.1. Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias,
perjalanandalam bertamu
9.2. Menampilakn contoh-contoh adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan dalam
bertamu
9.3.
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanandalam bertamu, atau menerima
tamu dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR : 1. Mampu adab dalam berpakaian
2.
mampu menjelaskan pengertian adab
dalam berpakaian
3.
mampu menjelaskan pengertian adab
dalam perjalanan
4.
mampu menjelaskan pengertian adab
dalam bertamu/menerima tamu
5.
Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam
berpakaian
6.
Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam
berhias
7.
Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam
perjalanan
8.
Mampu menunjukkan contoh-contoh dalam
dalam bertamu atau menerima tamu
9.
Mampu mempraktikkan prilaku yang baik
dan benar dalam berpakaian
10. Mampu mempraktikkan prilaku
yang baik dan benar dalam berhias
11. Mampu mempraktikkan prilaku yang baik dan
benar dalam perjalanan
12. Mampu mempraktikkan
prilaku yang baik dan benar dalam Bertamu
C. MATERI
PEMBELAJARAN : a. Siswa dapat menjelaskan pengertian adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanandalam
bertamu
b. Siswa
dapat menjelaskan dan menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanandalam bertamu
c. Siswa
dapat prilaku yang baik dan benar dalam berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu
atau menerima tamu
D. MATERI PEMBELAJARAN
Tatakrama
berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu
E. METODE PEMBELAJARAN
a. Ceramah
b.
Diskusi kelompok
c.
Tanya jawab
d.
Pemberian tugas
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Pendahuluan
Guru mengadakan appersepsi
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
Guru membagi kelompok sisjusi kelas
- Kelompok 1 membahas penegrtian berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu
- Menunjukkan contoh-contoh dalam membahas penegrtian berpakaian, berhias, perjalanan,bertamu atau menerima tamu.
- Kelompok III membahas cara mempraktekkan prilaku yang baik dan benar dalam berhias, perjalanan, bertamu/menerima tamu
PENUTUP
Pemberian
tugas
a.
kelompok I dan II mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya pada pertemuan pertama
b.
Kelompok III memppresentasikan hasil diskusi
kelompoknya pada pertemuan ketiga
PERTEMUAN KEDUA
Pendahuluan
Guru mengadakan appersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- Presentasi kelompok I dan II (bergantian) sekaligus Tanya jawab antara kelompok
- Guru memperhatikan, menilai dan mengklarifikasi
Penutup
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi kelompok
I dan II
PERTEMUAN
KETIGA
Pendahuluan
Guru mengadakan appersepsi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
KEGIATAN INTI
a.
Presentasi kelompok III dan Tanya
jawab
b.
Guru memperhatikan dan
mengklarifikasi
d.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan hasil presentasikelompok III
Penutup
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman dari hasil presentasi
Kelompok
III
a.
siswa dan guru melakukan refleksi
b.
Guru memberikan tugas (PR)
G. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
buku teks, Al-Qur'an dan terjemahnya
H. PENILAIAN
1. Penilaian proses
a. Individu
b. Kelompok
2. Penilaian akhir (kognitif)
Tes Tulis
Lembar penilaian
Aspek kognitif
- Jelaskan pengertian berpakaian menurut ilmu fiqh
- Jelaskan batas wanita muslimah
- Apakah hukumnya bagi laki-laki yang memakai emas/perhiasan
- Sebutkan tiga cara bertamu yang baik
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X/2
Petemuan ke : I dan 2
Alokasi waktu : 4x45 Menit
Standar kompetensi : Memahami ayat-ayat al-Qur'an
tentang demokrasi
Kompetesi Dasar : 1. Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura:
38
2.
Menyebutkan arti QS Ali Imran:
159 dan QS Asy Syura: 38
Indikator :1.
Mampu membaca ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan materi pembelajara dengan baik
dan benar
2.
Mampu mendentifikasi tajwidnya dengan baik dan benar
3.mampu menyebutkan arti ayat al-qur'an
sesuaidengan materi pembelajaran dengan
baik dan benar
4. mampu menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat
al-qur'an sesuai denag materi pembelajaran dengan baik dan benar
5. mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang
demokratis sesuai denag materi
pembelajaran dengan baik dan benar
I. TUJUAN PEMBELAJARA
1. Dapat membaca ayat-ayat al-Qur'an dengan baik
dan benar
2. dapat mengenal hokum bacaan menurut tajwidnya
3. Dapat mengartikan ayat-ayat al-Qur'an sesuai
dengan materi pembelajaran
4. dapat menerpkan prilaku demokratis dalam
prilku kehidupan sehar-hari
II. MATERI
PEMBELAJARAN
*.
Qs. Ali Imran: 159
*.
Qs Asy Syura: 38
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. diskusi Kelompok
4. Pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
1. guru memberikan salam
2. Guru mengadakan appersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan pokok-poko pembelajaran
secara garis besarnya
2. Guru mengadakan Tanya jawab tentang materi
pembelajaran
3. Guru membentuk kelompok diskusi dalam kelas
4. Siswa menegrjakan soal-soal latihan menurut
kelompoknya dengan panduan guru
5. siswa bersama guru menyamakan persepsi dari
hasil diskusi
6. Guru meluruskan hasil diskusi
C. Kegiatan akhir
1. Siswa melaporkan dan menyimpulkan hasil
diskusi]
2. Guru memberikan PR
3. Guru menutup pelajaran dengan salam
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1. Al-Qur'an dan terjemahnya
2. Buku paket PAI kelas X
3. Buku LKS PAI kelas X
4. Buku Tajwid
5. CD Al-Qur'an
6. Buku-buku yang relevan
VI. PENILAIAN
A. Penilaian proses
1. Individu
2. Kelompok
B. Penilaian akhir (kognitif)
1. Tes Tulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK
AL-QUR'AN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X/2
Petemuan ke : I dan 2
Alokasi waktu : 4x45 Menit
Standar kompetensi :
Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang demokrasi
Kompetesi Dasar : Menampilkan
prilaku hidup demokratis seperti yang
terkandung QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
Indikator :1.
Mampu menunjukkan prilaku yang demokratis sesuai dengan materi pembelajaran
2. Mampu menunjukkan mamfaat prilaku yang
demokratis sesuai dengan materi pembelajaran.
I. TUJUAN PEMBELAJARA
1. Dapat menujukkan prilku demokratis dalam
kehidupan bermasyarakat
II. MATERI
PEMBELAJARAN
*.
Qs. Ali Imran: 159
*.
Qs Asy Syura: 38
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. diskusi Kelompok
4. Pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
1. guru memberikan salam
2. Guru mengadakan appersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Guru menerangkan pokok-poko pembelajaran
secara garis besarnya
2. Guru mengadakan Tanya jawab tentang materi
pembelajaran
3. Guru membentuk kelompok diskusi dalam kelas
4. Siswa menegrjakan soal-soal latihan menurut
kelompoknya dengan panduan guru
5. siswa bersama guru menyamakan persepsi dari
hasil diskusi
6. Guru meluruskan hasil diskusi
C. Kegiatan akhir
1. Siswa melaporkan dan menyimpulkan hasil
diskusi
2. Guru memberikan PR
3. Guru menutup pelajaran dengan salam
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1. Al-Qur'an dan terjemahnya
2. Buku paket PAI kelas X
3. Buku LKS PAI kelas X
4. Buku Tajwid
5. CD Al-Qur'an
6. Buku-buku yang relevan
VI. PENILAIAN
A. Penilaian proses
1. Individu
2.
Kelompok
B. Penilaian akhir (kognitif)
1. Tes Tulis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
ASPEK
TARIKH
MATA
PELAJARAN :
Pendidikan Agama Islam
KELAS /
SEMESTER : X/2
PERTEMUAN
KE : 1 dan 2
ALOKASI
WAKTU : 4 x 45 menit
(2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI : 6. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
KOMPETENSI DASAR : 6.1. Menceritakan sejarah
Rasulullah periode Makkah
6.2. Mendeskripsikan substansi dan strategi
da’wah Rasulullah periode Madinah
INDIKATOR : 1. Siswa
menjelaskan kondisi masyarakat Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW
2. Siswa membandingkan kondisi masyarakat
sekarang dengan masyarakat jahiliyah
3. Siswa menjelaskan tantangan yang dihadapi
Rasulullah dalam tugas da’wahnya di Madinah
4. Siswa
menjelaskan strategi Rasulullah dalam menghadapi berbagai macam tantangan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa membaca buku sejarah dan berdiskusi tentang kondisi masyarakat Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW
- Siswa menggali informasi dan berdiskusi tentang kondisi masyarakat sekarang dengan masyarakat jahiliyah
- Siswa mencari informasi dan berdiskusi tentang tantangan yang dihadapi Rasulullah dalam tugas da’wahnya di Madinah
- Siswa mencari informasi dan berdiskusi tentang strategi Rasulullah dalam menghadapi berbagai macam tantangan
II.
MATERI AJAR :
Keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah
III.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Diskusi kelompok
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Pembentukan
kelompok
2. Penentuan
materi diskusi kelompok
a.
Kelompok 1 tentang kondisi masyarakat
Madinah pada awal kerasulan Nabi Muhammad SAW
b.
Kelompok 2 tentang kondisi masyarakat
sekarang dengan masyarakat jahiliyah
c.
Kelompok 3 tentang tantangan yang
dihadapi Rasulullah dalam tugas da’wahnya di Madinah
d.
Kelompok 4 tentang strategi
Rasulullah dalam menghadapi berbagai macam tantangan
3. Membagi narasi problem
solving
B.
KEGIATAN INTI :
a.
Ketua kelompok memberi informasi
kepada kelompok masing-masing
b.
Siswa berdiskusi tentang fenomina
maraknya penyimpangan aqidah dan kerusakan moral yang terjadi di tengah-tengah
masyarakat sekarang, sekaligus membandingkan tentang kondisi masyarakat
jahiliyah pada masa kerasulan Nabi Muhammad
c.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi
d.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi
C. KEGIATAN AKHIR
Guru meluruskan dan
menegaskan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
1. Al
Qur’an dan terjemah Depag RI
2. Buku
Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X
3. Ensiklopedia
Islam
4. Buku
Sejarah Islam
VI.
PENILAIAN
A. Penilaian Proses
1.
Individu
2.
Kelompok
B. Penilaian Akhir (kognitif)
1. Tes tulis
SKBM : 70
Lembar Penilaian :
Aspek Kognitif
1.
Jelaskan masyarakat Madinah pada awal
kerasulan Nabi Muhammad SAW !
2.
Tunjukkan kondisi masyarakat dewasa
ini yang identik dengan masyarakat jahiliyah !
3.
Jelaskan tantangan yang dihadapi
Rasulullah dan bagaimana cara menghadapinya !
4.
Bagaimana strategi kita untuk
membentengi diri, keluarga dan masyarakat dari penyimpangan-penyimpangan aqidah
dan kerusakan moral dewasa ini, Jelaskan !
No
|
Nama
|
Nomor Soal
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
2
3
4
5
|
Mudhari
Fathurrahman
Siti Khadijah
Ramli
Khalil
|
25
25
20
25
10
|
25
0
20
20
20
|
25
25
25
25
10
|
10
0
10
25
10
|
85
50
75
95
50
|
Keterangan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
2
3
|
Jawaban siswa yang kurang tepat
Jawaban siswa yang tidak lengkap tapi benar
Jawaban siswa lengkap dan benar
|
0 – 8
9 – 16
17 – 25
|
Aspek
Afektif :
No
|
Pernyataan
|
Skala
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
5
|
Kehadiran siswa pada waktu pelajaran PAI
Siswa berusaha memiliki buku pelajaran PAI
Siswa mengikuti diskusi kelompok
Siswa berusaha bertanya pada teman atau guru bila
belum jelas
Siswa berusaha mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
Keterangan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
Positif
|
Negatif
|
||
1
2
3
4
|
SL : Selalu
SR : Sering
JR : Jarang
TP : Tidak
Pernah
|
4
3
2
1
|
1
2
3
4
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
ASPEK
FIQIH
MATA
PELAJARAN :
Pendidikan Agama Islam
KELAS /
SEMESTER : X/2
PERTEMUAN
KE : 1 dan 2
ALOKASI
WAKTU : 4 x 45 menit
(2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI : 6. Memahami hukum islam tentang
zakat,haji dan wakaf
KOMPETENSI DASAR : 6.1. Menjelaskan perundang undangan tentang
zakat
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan
zakat
Memaparkan ketentuan perundang
undangan tentang pengelolaan zakat
INDIKATOR : 1. Menjelaskan
pengertian zakat
2. Menyebutkan macam-macam zakat
3. menyebutkan nisab masing-masing zakat
4. Meyebutkan harta yang wajib dizakati
5. menyebutkan yang berhak menerima zakat
6. Menyebutkan tujuan diberlakukan zakat
7. Memberikan contoh pengelolaan zakat yang
baik dan benar
8. memberikan contoh pengelolaan zakat di Indonesia
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
menjelaskan pengertian zakat
2. Siswa
menyebutkan macam-macam zakat
3. Siswa
menyebutkan nisab masing-masing zakat
4. Siswa
Meyebutkan harta yang wajib dizakati
5. Siswa
menyebutkan yang berhak menerima zakat
6. Siswa
tujuan diberlakukan zakat
7. Siswa
Memberikan contoh pengelolaan zakat yang baik dan benar
8. Siswa
memberikan contoh pengelolaan zakat di Indonesia
II.
MATERI AJAR :
Hukum
islam tentang zakat,haji dan wakaf
III.
METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi kelompok
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1.
Pembentukan kelompok
2.
Penentuan materi diskusi kelompok
a.
Kelompok 1 tentang Pegertian zakat
dan macam-macamnya
b.
Kelompok 2 tentang nisab
masing-masing zakat dan harta yang yang wajib dizakati
c.
Kelompok 3 tentang yang berhak
menrima zakat dan tujuan diberlakukan zakat
d.
Kelompok 4 tentang contoh pengelolaan
zakat di Indonesia
3. Membagi narasi problem
solving
B.
KEGIATAN INTI :
a.
Ketua kelompok memberi informasi
kepada kelompok masing-masing
b. Siswa berdiskusi tentang Hukum islam
tentang zakat,haji dan wakaf
b.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi
c.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi
D. KEGIATAN AKHIR
Guru meluruskan dan
menegaskan hasil diskusi
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
5. Al
Qur’an dan terjemah Depag RI
6. Buku
Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X
7. Ensiklopedia
Islam
8. Buku
Sejarah Islam
VI.
PENILAIAN
A. Penilaian Proses
1.
Individu
2.
Kelompok
B. Penilaian Akhir (kognitif)
1. Tes tulis
SKBM : 70
Lembar Penilaian :
Aspek Kognitif
1.
Jelaskan pengertian zakat dan
macam-macamnya
2.
jelaskan tentang mamfaat tentag
diberlakukan zakat
3.
Jelaskan siapa sajakah yang berhak
menerima zakat
4.
Kapankah ornga islam wajib
mengeluarkan zakat
No
|
Nama
|
Nomor Soal
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
2
3
4
5
|
Rosidi
Syamsul A
Siti Khadijah
Maimunah
Rukayyah
|
25
25
20
25
10
|
25
0
20
20
20
|
25
25
25
25
10
|
10
0
10
25
10
|
85
50
75
95
50
|
Keterangan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
2
3
|
Jawaban siswa yang kurang tepat
Jawaban siswa yang tidak lengkap tapi benar
Jawaban siswa lengkap dan benar
|
0 – 8
9 – 16
17 – 25
|
Aspek
Afektif :
No
|
Pernyataan
|
Skala
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
5
|
Kehadiran siswa pada waktu pelajaran PAI
Siswa berusaha memiliki buku pelajaran PAI
Siswa mengikuti diskusi kelompok
Siswa berusaha bertanya pada teman atau guru bila
belum jelas
Siswa berusaha mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
Keterangan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
Positif
|
Negatif
|
||
1
2
3
4
|
SL : Selalu
SR : Sering
JR : Jarang
TP : Tidak
Pernah
|
4
3
2
1
|
1
2
3
4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar